10.15.2015
0 comment

Tips Fotografi Makro menggunakan Ponsel

Seiring perkembangan kreatifitas kini fotografi makro tak harus mahal. Belum punya kamera besar (poket/dslr) ya pakailah kamera ponsel kalian.

Ada beberapa trik memaksimalkan foto makro menggunakan hp. tapi sebelum kalian terjun ke kebon dan kejar-kejaran sama serangga, sangat dianjurkan sobat Kofipon untuk sarapan dahulu, mimik susu ataupun kopi juga boleh, intinya siapin tubuh sobat untuk bertarung di kebon.
Sarapan sangat penting buat mengurangi tangan gemetar, yahh problen pertama buat yang baru belajar makro adalah getaran dari tangan. Kenapa tangan bergetar, karena dalam fotografi makro pake ponsel, kita memotret obyek dr jarak yang sangat dekat, biasanya 1-5 sentimeter, getaran kecil tentu bikin foto2 ngeblur alias kabur..

1. Mode Focus Macro / auto fokus
Trik ini biasanya dipake untuk obyek yg lumayan besar, dan menginginkan ruang fokus yg lebar pada obyek. contohnya seperti foto dibawah ini :
 
ponsel : andromax i

ponsel : andromax i
nah,,contoh di atas hasil jepret menggunakan fitur auto fokus kamera ponsel, masing2 ponsel tentu punya karakter yang berbeda-beda mulai dari akurasi dan kecepatan fokus, jarak fokus minimal, detail dan lain sebagainya. Hal ini bisa diatasi dengan penambahan jam terbang

2. Menggunakan Lensa Tambahan
Trik ke dua, buat kalian yang menginginkan detail yang lebih tajam,, ruang fokus yang lebih sempit. Pakelah lensa tambahan. Di jaman sekarang , sudah banyak beredar lensa makro ponsel universal berbagai merk. Bisa juga menggunakan lensa okuler mikroskop, hasil tajam karena material lensa terbuat dari kaca.
Dalam satu okuler mikroskop, di dalamnya ada 2 lensa,,nah kalian pisahkan tuh lensa, gunakan satu persatu. Yang diameter kecil jarak fokusnya lebih dekat drpd yang berdiameter besar. Gunakan sesuai selera.
Cara pakainya gampang, kalian tinggal tempel lensa di depan kamera ponsel kalian,, biasanya pake doubletape,, 
Matikan fitur auto fokus (ubah fokus ke infinity atau set ke mode pemandangan). Temukan obyek, arahkan kamera ke obyek. Untuk mencari fokus, maju-mundurkan kamera sampai fokus ketemu (disarankan sarapan dahulu sebelum hunting, biar tangan gak gemetar). Setelah dapat fokus, tinggal jepret.
Ponsel : Sony Ericsson K770i + lensa makro 12.5 x, 
tanpa pengeditan

Ponsel Sony Ericsson K770i + lensa Okuler 16 x
tanpa pengeditan

Nah,,, sekarang gak ada alasan lagi buat malas belajar motret,, mulai lah memotret dengan alat potret yg loe punya,. Foto keren terjadi bukan hanya seberapa canggih alatnya,, tp lebih kepada seberapa besar NIAT kalian tuk mendalami dunia motret-memotret. Fotografi itu murah gaes,,,. 

Catatan Tambahan : 
Jangan Pernah menyakiti obyek foto apalagi MEMBUNUH serangga hanya untuk dijadikan OBYEK FOTO. Kelangsungan hidup mereka lebih berharga daripada selembar kertas bergambar serangga.

0 comment:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top