10.15.2015
0 comment

Tips Dasar Memotret Dengan Kamera Ponsel

Halo sobat Kofipon, memotret pake ponsel memang gampang-gampang susah. Nah,, buat teman-teman nih ada sedikit tips sederhana yang mungkin bisa membantu teman-teman dalam memotret menggunakan ponsel, cekidaww gaes,,,

1.       Jangan Gunakan Digital Zoom
Penggunaan Digital  Zoom, akan membuat foto yang anda hasilkan tampak pecah dan noise.
Jika memungkinkan untuk mendekati object, lakukan dan sesuaikan porsi object dalam frame foto secara tradisional (maju mundur).

2.       Memotretlah Dalam Kondisi Stabil
Kekuatan tangan, dalam memegang kamera lalu memfokuskan kamera menjadi hal penting. Mengingat kemampuan kamera ponsel, yang rata2 tidak terdapat feature antishock, memungkinkan foto yang kita hasilkan terlihat shake ketika tanga kita bergetar dalam memotret.Membiasakan tangan kita stabil dalam memotret, akan sangat membantu.Tripod ataupun benda2 keras lainnya, bisa digunakan sebagai tumpuan apabila tangan kita punya kencenderungan bergetar ketika memotret.

3.       Memotretlah Dalam Keadaan Cahaya Yang Cukup Ideal.
Mengingat terbatasnya sensor kamera ponsel terhadap intensitas cahaya, sebaiknya memotretlah dalam keadaan cahaya yang terang atau gunakanlah cahaya tambahan.Hal ini berfungsi untuk menghindari terdapatnya noise pada foto anda, karena factor kurang nya intensitas cahaya yang bisa di tangkap oleh sensor kamera ponsel.

4.       Jangan Berfikir “ ah, nanti bisa di edit “
Biasakan memotret dalam satu frame jadi, karena sebagus apapun hasil editan setelahnya, akan mengurangi  resolusi, ukuran file, bahkan kualitas foto.Selain itu, hal ini akan mengasah kemapuan anda memotret secara alami, tanpa melakukan editing untuk mendapatkan komposisi yang baik.

5.       1 Object  10 Jepret.
Biasakan, ketika memotret  1 object, jangan  hanya  kali jepret.Lakukanlah pemotretan beberapa  kali dari berbagai sudut yang memungkin kang (angle).Mengingat, tampilan pada lcd Ponsel dan PC bisa jauh berbeda.Hal ini untuk mengantisipasi ketika anda kehilangan moment/object, yang mungkin tidak akan anda temui lagi, ataupun untuk mengethaui hasi foto dalam beberapa sudut pemotretan.

6.       Settingan Pada Resolusi Tertinggi
Apapun type kamera ponsel anda, biasakan menyetel resolusi foto pada ukuran tertinggi.Hal ini bisa membantu anda untuk mendapatkan ukuran dan resolusi terbesar, apbila sewaktu2 anda akan melakukan editing ulang.

7.       Memotret Pada Mode Lanscape.
Memotret dengan mode Landscape, membantu anda mendapatkan frame object secara luas.Sehingga, ketika anda akan melakukan cropping, file yang akan dihasilkan masih relative besar, ketimbang anda menggunakan mode Portrait.

8.       Experiment
Jelajahi menu menu kamera anda, lalu ujicobakanlah masing masing menu kamera anda pada satu object, untuk mengetahui sejauh mana hasil foto dari masing2 menu kamera anda.

9.       Hindari Matahari Langsung
Kontak langsung antara kamera anda dengan matahari, sangat perlu di hindari.Hal ini untuk mengantisipasi kerusakan pada sensor kamera  anda karena besarnnya intensitas cahaya yang masuk kedalamnya.Selain itu, intensitas cahaya matahari yang terlalu besar, juga menghasilkan foto yang kurang bagus.biasakan menggunakan filter, ketika harus melakukan kontak langsung dengan matahari.

10.   Pastikan Lensa Kamera Bersih.
Tingginya frekwensi Kamera ponsel kita sentuh dan gunakan, memungkinkan lensa kamera ponsel kita kotor dan berminyak.Biasakan untuk membersihkan lensa kamera ponsel, sebelum memotret.

11.   Pelajari Pakem Komposisi Lalu Modifikasikan
Ada baiknya, anda mengetahui sedikit banyak tentang teori komposisi foto.Setelah anda mengerti, lakukan modifikasi dan inovasikan dengan kreatisfitas anda.

12.   Perbanyak Memotret dan Bagikan
Sering2 lah memotret, selain akan meningkatkan kemapuan anda dalam memotret, anda juga akan mengetahui seberapa jauh fungsi dan hasil kamera ponsel anda.
Bagikan foto2 hasil jepretan anda, untuk mendapatkan koreksi dan teman2 anda yang mungkin jauh lebih mengetahui tentang foto, sehingga anda mendapat masukan untuk meningkatkan kemampuan fotografi anda.

13.   Back Up dan Siapkan Space Memory.
Terbatasnya memory pada ponsel, mengharuskan anda untuk selalu mem-back up file2 foto  anda dari memory ponsel ke media penyimpanan.sangat tidak mengenakkan, ketika anda sedang asyik memotret, tiba2 memory anda penuh.
Menyimpan file2 asli foto anda sangat penting, karena itu bukti ontentifikasi bahwa itu karya anda dan juga sebagai bukti informasi file foto tersebut

14.   Selamat memotret dan bereksperimen

original article by : Mbah Darmo

0 comment:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top